Selasa, 18 Januari 2011

Gelar Uji Coba Rudal, Presiden Taiwan Kecewa

Taipei - Taiwan menggelar uji coba rudal secara besar-besaran. Namun beberapa kegagalan mewarnai uji coba tersebut. Ada beberapa rudal yang gagal mengenai target. Melihat itu, Presiden Taiwan Ma Ying-jeou yang mengawasi langsung uji coba tersebut kecewa.

Dalam latihan penembakan rudal yang diliput oleh pers itu, sebanyak 19 rudal diuji coba di pangkalan militer Jiupeng di Pingtung County, Taiwan, hari ini.

Namun lima dari 19 rudal tersebut meleset dari sasaran. Presiden Ma kecewa dengan kegagalan itu.

"Saya tidak cukup puas dengan hasilnya," ujar Ma kepada para wartawan seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (18/1/2011).

"Beberapa rudal meleset dari target, dan kita perlu meninjau apakah kesalahan-kesalahan ini sifatnya mekanisme atau menusiawi. Kita juga perlu menggelar latihan-latihan kembali guna meningkatkan kemampuan militer kita," tandas Ma.

Latihan rudal ini dilakukan di pangkalan militer yang biasanya dijaga ketat. Uji rudal ini merupakan yang pertama kalinya dilakukan di depan insan pers dalam satu dekade. Dikatakan Ma, hal ini dilakukan untuk lebih memberikan transparansi menyangkut urusan militer dan mengizinkan publik melihat kesiapan militer Taiwan.

Uji rudal ini dilakukan Taiwan hanya beberapa hari setelah uji coba pesawat tempur siluman J-20 generasi baru China. Pesawat tempur tersebut terbukti berhasil menghindari deteksi radar.


Sumber : Detik News

Tidak ada komentar:

Posting Komentar