Senin, 17 Januari 2011

Kraton Yogya akan Tunjuk Juru Kunci Merapi Sebelum Labuhan

Yogyakarta - Kraton Ngayogyakarto Hadiningrat akan menunjuk juru kunci Merapi pengganti (almarhum) Mbah Maridjan sebelum pelaksanaan upacara labuhan. Sebelum bulan Rajab berdasarkan penanggalan Jawa, pengganti Mbah Maridjan yang bergelar Raden Penewu Suraksohargo akan terpilih.

"Pengganti Mbah Maridjan sebelum labuhan sudah ada. Akan kita tunjuk juru kunci Merapi yang baru untuk memimpin proses labuhan," ungkap adik Sultan Hamengku Buwono X, GBPH Joyokusumo, seusai mengunjungi Kinahrejo, Cangkringan, Sleman, untuk memeriksa jalur pendakian untuk upacara labuhan, Selasa (18/1/2011).

Labuhan merupakan upacara adat peringatan naik tahta Sultan HB X yang diadakan setiap tanggal 30 bulan Rajab.

Menurut Gusti Joyo, dari 26 abdi dalem yang bertugas mengurusi labuhan Gunung Merapi saat ini masih ada 18 orang abdi dalem. Sebanyak 18 abdi dalem itu yang akan diseleksi dan dipilih sesuai jenjang dan kepangkatan abdi dalem.

"Saat ini sedang kita seleksi. Syaratnya harus abdi dalem dulu dan mampu berdialog dengan alam dan mumpuni di bidang agama Islam," kata Gusti Joyo.

Dia mengatakan apabila Sultan belum merestui penunjukan juru kunci hingga sebelum labuhan pada bulan Rajab atau bulan Juni 2011 nanti, juru kunci akan ditetapkan setelah labuhan. Saat ini hanya tinggal menunggu titah dan perintah Sultan saja.

"Secara prinsip labuhan tetap harus ada dan akan dilaksanakan pada bulan Rajab. Kalau belum ada bisa dipimpin seorang abdi dalem yang paling tua sesuai jenjang kepangkatan. Itu juga sudah kita siapkan," katanya.

Kedatangan Joyokusumo bersama rombongan di Kinahrejo itu untuk meninjau beberapa tempat yang biasa digunakan untuk upacara labuhan. Beberapa tempat yang perlu dibenahi antara lain balai labuhan di bukit Srimanganti. Warga Desa Umbulharjo sudah siap melakukan pembenahan jalur untuk labuhan hingga perbaikan tempat-tempat yang akan digunakan untuk labuhan pada bulan Juni mendatang.

Labuhan merupakan salah satu acara peringatan naik tahta Sultan HB X yang diadakan setiap tanggal 30 bulan Rajab.


sumber : Detik News

Tidak ada komentar:

Posting Komentar